Penyebab Neraca Tidak Balance

653 Tinjau  | 

 Penyebab Neraca Tidak Balance

Neraca adalah salah satu laporan keuangan yang penting dan dibuat secara rutin. Laporan neraca berfungsi untuk menganalisa posisi keuangan suatu perusahaan. Laporan ini cukup sebagai modal pinjaman dan penilaian bagi investor.

Berapa jumlah aset perusahaan, apakah utangnya cukup banyak, apakah potensi laba di tahun-tahun mendatang akan siginifikan? Semua pertanyaan akan terjawab hanya dengan satu lembar laporan neraca.

Walaupun begitu, dalam pembuatan laporan neraca seringkali tidak balance atau seimbang. Laporan neraca mengharuskan sisi aktiva memiliki jumlah yang sama dengan sisi pasiva. Banyak hal yang menyebabkan neraca dapat tidak seimbang. Berikut beberapa hal yang sering terjadi dan menyebabkan neraca tidak balance.

Saldo Awal Sudah Tidak Seimbang
Kalau saldo awal sudah tidak seimbang, kemungkinan besar saldo akhirpun juga tidak akan seimbang. Untuk memastikan bahwa saldo awal kamu sudah balance, kamu bisa memasukkan komponen neraca satu per satu. Misalnya modal awal dengan saldo kas dan bank. Lalu kamu bisa mulai menambah komponen lain seperti piutang dagang dan hutang usaha. Dengan menaruh komponen satu per satu seperti ini, kamu lebih mudah menemukan ketidakseimbangan dalam neraca kamu.

Salah Menjumlahkan
Salah menjumlahkan ini bisa terjadi dalam dimana saja dalam proses akuntansi. Misalnya saja baris penjumlahan pada spreadsheet ada yang kurang. Dalam kasus laporan neraca, akumulasi penyusutan yang seharusnya bernilai negatif atau dikurang dengan nilai aset, seringkali menjadi penyebab saldo neraca tidak balance.

Saldo Debit dan Kredit pada Akun Tidak Sesuai
Biasanya kesalahan ini terjadi saat penginputan jurnal umum, yang menyebabkan pencatatan akun di debit dan di kredit tertukar. Kesalahan pengelompokan akun juga bisa terjadi apabila kamu menginput data secara manual. Untuk menghindari hal ini, lakukan rekonsiliasi bank dan pastikan saldo akhir bank sama dengan saldo akhir yang ada di laporan buku besar.

Neraca merupakan komponen penting dalam laporan keuangan. Neraca yang tidak balance seringkali menghambat dalam menyajikan laporan akhir tahun. Mega Reka memastikan bahwa laporan akhir tahunmu tidak pernah telat. Apalagi neraca termasuk ke dalam dokumen yang dilampirkan saat lapor pajak tahunan. Hubungi kami sekarang karena sebentar lagi akhir tahun!

Temukan konsultan keuangan dan pajak mu hanya di www.megareka.com | ig @megareka | email: mega@megareka.com.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis